Rambu K3 yang Digunakan Pada Proyek yang Dijalankan oleh PT Semesta Nusantara Konstruksi

Rambu K3 (safety sign) merupakan suatu hal yang sering kita temui di berbagai tempat. Ditempat umum seperti halnya jalan raya terdapat berbagai rambu K3 seperti rambu dilarang berhenti, rambu lampu merah, atau bahkan rambu palang pintu kereta api. Rambu-rambu tersebut penting untuk kita ketahui sebagai pengingat kita akan bahaya yang bisa saja mengancam keselamatan kita.

Rambu K3 ini juga digunakan di setiap proyek-proyek yang dijalankan oleh PT Semesta Nusantara Konstruksi. Sudah menjadi kewajiban dan standar untuk sebuah perusahaan menjamin keselamatan jiwa para pekerjanya, sehingga hal ini menjadi penting dan menjadi standar operasional pekerja untuk PT Semesta Nusantara Konstruksi dalam menjalankan proyek-proyeknya.

Apabila berada di situs konstruksi, ada beberapa rambu-rambu K3 yang jarang kita temui. Sebagai seseorang yang seringkali berada di situs konstruksi, kita wajib mengetahui rambu-rambu K3 yang ada karena pengetahuan kita atas rambu tersebut dapat menjamin keselamatan kita saat bekerja.

Rambu K3 biasanya dikelompokan menjadi 4 warna utama yang masing-masing warna mewakili instruksi yang berbeda. Warna-warna tersebut adalah:

-Kuning (Caution/Waspada)

-Biru (Notice/Perhatian)

-Merah (Danger/Bahaya)

-Hijau (Emergency/Safety)

Warna kuning merupakan rambu yang mewakili instruksi peringatan waspada terhadap orang-orang yang berada di sekitar rambu tersebut.

 

Peringatan ada lubang, peringatan adanya galian, dan peringatan adanya kemungkinan jatuhnya puing, menjadi beberapa contoh rambu peringatan yang wajib kita ketahui. Download rambu peringatan disini.

Warna biru merupakan rambu yang mewakili instruksi perintah yang bersifat wajib dan harus dipatuhi oleh semua orang yang berada di situs konstruksi tanpa terkecuali.

Instruksi untuk menggunakan masker, menggunakan penutup telinga, hingga instruksi untuk menggunakan harness dapat menjamin keselamatan jiwa bagi siapapun yang mematuhi rambu tersebut. Download rambu perintah disini.

Warna merah merupakan rambu yang mewakili instruksi peringatan bahaya ataupun larangan yang apabila dilanggar dapat mengancam jiwa si pelanggar dan orang-orang yang berada di sekitarnya.

Larangan untuk merokok, rambu bahaya adanya cairan yang mudah terbakar, hingga rambu bahaya adanya zat beracun penting untuk kita pahami bersama agar dapat menjamin keselamatan jiwa kita dan orang-orang sekitar kita. Download rambu bahaya disini.

Selain dari rambu untuk larangan dan perintah, ada rambu-rambu yang ditujukan untuk petunjuk ataupun arahan yang diwakilkan oleh warna hijau yang dapat dijadikan acuan jika membutuhkan petunjuk. Download rambu petunjuk disini.

Pada prosesnya, kadang rambu-rambu K3 juga dilengkapi dengan kata-kata agar dapat memudahkan para pekerja untuk memahaminya. Selain menggunakan bahasa Indonesia, kadang juga dipadukan dengan bahasa Inggris jika ada tamu dari luar negeri yang tidak memahami bahasa Indonesia. Download rambu-rambu K3 disini.

 

Comments are closed.